Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer

Seorang pekerja mengosongkan tabung elpiji di Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) Bandarkedungmulyo, Jombang, Jawa Timur, Kamis (15/7). Berdasar survei Badan Sertifikasi Nasional (BSN), dari total produk paket perdana konversi elpiji 3 kg, sekitar 66 persen tabung elpiji bermasalah. ANTARA/Syaiful Arif

TEMPO Interaktif, Jombang – Inpeksi mendadak (sidak) yang dilakukan tim pengawas gabungan terdiri Dinas Perindustrian dan Perdagangan, anggota Satuan Polisi Pamong Praja, Kepolisian Resor, Komando Distrik Militer, setidaknya menemukan 25.994 tabung elpiji ukuran 3 kilogram rusak di Jombang, Jawa Timur. Rata-rata tabung dalam kondisi penyok dan karatan.

“Tabung yang rusak akan segera kami police line, karena jika beredar bisa membahayakan masyarakat,” kata Kepala Kepolisian Resor Jombang Ajun Komisaris Besar Thomsi Tohir, Kamis (15/7).

Sidak dilakukan di dua Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) di Kabupaten Jombang, yakni SPBE Bandar Kedung Mulyo dan SPBE di Kecamatan Perak. Sidak ini dilakukan menyusul banyaknya kasus elpiji meledak karena buruknya kualitas tabung elpiji.

Ketua Tim Gabungan, Suparlan mengatakan, tabung yang rusak itu mayoritas milik Pertamina yang berstandar nasional Indonesia (SNI). Selain itu, tim juga menemukan 478 tabung palsu -tak berstandar SNI- yang siap diedarkan ke masyarakat.

Tabung palsu itu juga diamankan polisi agar tak beredar. Hasil sidak kali ini, lanjut Suparlan, akan dilaporkan ke Pertamina di Jakarta. Pemkab akan meminta Pertamina segera mengeluarkan rekomendasi terkait sanksi yang pantas bagi para agen dan SPBE nakal.

Tak hanya itu, hasil sidak juga akan dijadikan pijakan bagi pemkab untuk memberi masukkan kepada Pertamina agar segera memperbaiki kualitas tabung. ”Kami berharap masyarakat tak cemas lagi,” ujarnya.

Sumber: http://tempointeraktif.com/hg/surabaya/2010/07/15/brk,20100715-263772,id.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag