Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer

Tips Mudik Lebaran

Ramadhan sudah datang, bulan suci yang penuh berkah dan ampunan. Tanpa terasa hari berganti dan tidak lama lagi lebaran tiba. Sudah menjadi kebiasaan silaturahim umat islam Indonesia melakukan perjalan mudik untuk berlebaran di kampung halaman. Berkumpul dengan orang tua, dan seluruh keluarga. Sesuatu yang sangat menyenangkan dan membahagiakan bisa berkumpul bersama orang – orang tercinta di hari Iedul Fitri.

Nah …..biar mudik lebaran lancar dan aman ada beberapa tips yang bisa kita lakukan biar di perjalanan tanpa halangan yang berarti. Apalagi yang tinggal di Batam , daerah kepulauan hanya ada dua pilihan transportasi udara dan transportasi laut.
Hal yang perlu kita persiapkan

Cuti Kerja
Ini penting sekali buat para karyawan, untuk yang wiraswasta sih bisa diatur sendiri , buat pekerja bicarakan dulu dengan atasan bahwa anda akan mengambil cuti untuk berlebaran di kampung halaman. Jangan lupa jika sudah disetujui isi formulir cuti dan ajukan ke atasan anda. Bagi keluarga yang anaknya masih sekolah, bisa menanyakan terlebih dulu ke sekolah tentang jadwal libur lebaran di sekolah tersebut, sehingga tidak mengganngu pendidikan anak kita.

Persiapkan Ticket Perjalanan.
Ini bisa kita lakukkan jauh – jauh hari dari rencana perjalanan mudik kita, ada baiknya menanyakan ke agen – agen penjualan ticket ataupun anda bisa browsing di internet mencari jadwal penerbangan / pelayaran dan bisa langsung booking ticket secara on line. Selain harga masih murah hati lebih tenang karena kepastian keberangkatan perjalanan mudik anda.

Dana Perjalanan dan Uang Cash.
Tentu ini yang harus dipersiapkan apalagi jika anda melakukan perjalanan bersama keluarga pasti cukup besar dana yang akan dikeluarkan. Jangan lupa siapkan uang tunai secukupnya selain kartu ATM ataupun Kartu Kredit. Jangan taruh uang cash perjalanan anda satu tempat saja ini untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan, pencopet misalnya.

Packing dan Bekal
Persiapkan barang – barang yang akan dibawa dan jangan terlalu berlebihan, apalagi jika bersama keluarga dan ada si kecil, ini akan sangat merepotkan. Pisahkan barang yang masuk bagasi dan barang yang akan kita tenteng sehingga tidak bongkar – bongkar di perjalan, Jangan lupa bekal untuk anak kita lebih, praktis membawa buah, roti, air minum dan susu untuk si kecil. Obat – obatan seperti minyak angin, minyak kayu putih, obat mabuk perjalanan jangan kita lupakan.

Handphone dan Kamera
Handphone beserta chargernya harus anda bawa, sehingga komunikasi selama di perjalan tidak ada gangguan. Kamera juga jangan sampai tertinggal, sebagai dokumentasi perjalan mudik anda yang patut dikenang.

Pamit ke Tetangga atau Ketua RT dan Rekan Kerja.
Perlu sekali dilakukan untuk keamanan rumah yang kita tinggalkan, minta tolong kepada tetangga dan ketua rt untuk membantu mengawasi rumah selama kita di kampung . Jangan lupa minta nomor hanphone mereka dan berikan nomor handphone kita. Sehingga bisa saling komunikasi bila terjadi sesuatu dengan rumah kita.
Kepada rekan kerja juga perlu sehingga tidak mencari – cari kita.

Waktu Berangkat Dan Waktu Balik
Yang paling utama persiapkan ticket perjalana pulang dan balik anda, jangan sampai tertinggal. Pastikan semua pintu rumah sudah terkunci, nyalakan lampu teras dan satu lampu ruang tengah sehingga rumah tidak gelap dan tetangga bisa mengawasi dengan baik.
Jaga keselamatan dan kesehatan anda, dalam perjalanan pulang biasanya kondisi kesehatan kita oke, namun jika tidak kita jaga akan mengganggu perjalanan waktu balik kita. Saya anjurkan untuk selalu menjaga asupan makanan yang cukup dan bergizi serta minum suplemen atau vitamin sehingga tenaga dan kesehatan kita tetap terjaga.

Semoga Tips sederhana ini bisa membantu anda dalam perjalanan Mudik Lebaran Tahun ini. Aman dan lancar , Amin.

Sumber: http://sepurkluthux.blogspot.com/2010/08/tips-mudik-lebaran.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag